Indeks

Arti Dan Fungsi Root Pada Android

  • Share

Arti dan fungsi root pada android – Bagi anda yang mempunyai tablet/smartphone berbasis android pasti sering mendengar istilah root. Namun banyak juga yang masih belum paham apa sih fungsi root pada android. Pada dasarnya fungsi root pada android sama hal nya dengan jailbreak pada iphone. Root android pun mempunyai kelebihan dan juga kekurangan nya sendiri.

Apa sih root itu?

Root Android adalah proses pemberian hak akses penuh (tak terbatas) terhadap pengguna untuk dapat mengakses sistem OS Android dalam mode super user. Dengan begitu user dapat melakukan Kustomisasi baik itu tuning performa OS, mengubah, bahkan menghapus apa saja yang ada pada sistem Android itu sendiri. jadi bagi seorang pengembang software, root dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan apa saja yang ada dalam Sistem Android

Arti dan fungsi root pada android

Kurang lebih itu lah pengertian root. Sekarang sudah paham kan kelebihan root itu apa. Root bisa memberikan akses sepenuhnya kepada pemilik gadget. Sehingga sang pemilik bisa menambahkan performa gadget nya dengan menghapus aplikasi sistem bawaan. Sebagai contoh saat kita membeli tablet/smartphone pasti mendapat aplikasi bawaan yang ga bisa di hapus (terinstall secara sistem) dengan akses root lah kita bisa menghapus aplikasi bawaan sistem. fungsi dari menghapus aplikasi sendiri adalah untuk melegakan ruang penyimpanan internal gadget sobat. Selain itu untuk meningkatkan performa Ram gadget sobat agar lebih maknyus.

Masih banyak lagi fungsi dari root yang ga mungkin admin jelaskan secara satu persatu di sini. Salah satunya adalah mengembalikan pengaturan 4G/LTE pada device xiaomi. Seperti yang kita ketahui… vendor ponsel asal negeri tirai bambu tersebut melock pengaturan 4G/LTE khusus region indonesia secara software terkait regulai TKDN perangkat berbasis 4G.Jadi meskipun secara Hardware device xiaomi sobat sudah suport 4G namun tidak bisa di gunakan untuk mendapatkan layanan tersebut. Jika sobat ingin mengembalikan signal 4G/LTE di device xiaomi, maka mau tidak mau device kita harus di root.

Di balik fungsinya yang sangat menggiurkan root juga mempunyai resiko/ kekurangan. Karena fungsinya yang sangat membebaskan seorang user yang mungkin saja bagi seorang pengguna yang kurang memahami proses-proses yang ada dan dapat memberikan resiko terhadap OS menjadi tidak stabil, misalkan saja salah menghapus file-file sistem penting. Maka tidak heran pengembang Android tidak memberikan akses Root secara default sejak anda membeli perangkat android tersebut. Maka jangan heran jika device anda susah di root menggunakan tools-tools yang biasanya bertebaran di jagat maya maya seperti halnya framaroot,kingroot,kingoroot dll.

  • Share
Exit mobile version